Friday

kondom = seks bebas = hewan

kita baru saja memperingati hari aids sedunia. dengan media informasi yang tiada batas kita mampu mengakses segala macam informasi. salah satu informasi tersebut adalah berita bahwa kondom harus dipakai ketika mau berhubungan badan (seks). jelas sudah sekarang bahwa budaya kita telah kehilangan jati diri sebagai manusia. saya pikir nilai-nilai universal tidak akan pernah mentoleransi yang namanya seks diluar nikah. apapun agama dan adat istiadat yang dianut. mereka tak pernah mengajarkan untuk itu.


penomena ini telah mengajarkan kepada kita bahwa budaya manusia tidak lebih dari hewan. ikatan suci pernikahan telah dinodai dengan budaya seperti ini. padahal disadari sebagian besar bentuk dari peradaaban terletak pada ruang keluarga yang mampu membentuk pribadi-pribadi yang tangguh.


terbentuknya kualitas diri dari arena pendidikan keluarga.


wajar saja mereka yang mau menekuni masalah kondom ini karena di luar (baraT) banyak seklali terjadi keluarga yang tidak harmonis, sehingga terjadi pencarian jati diri diluar rumah, sehingga nilai-nilai yang terbentuk adalah "urban".


kemudian harus disadari bahwa pembentukan norma yang ada saat ini adalah arus besar. bentukan dari budaya yang lama. manusia dengan keberagamanya sangat potensial untuk selalu menempuh sesuatu yang baru.


nah...


ketika kondom sudah menjadi budaya, maka seks bebas akan membabi buta, sehingga manusia tak lebih dari hewan.



artinya pencegahan dari kondom harus dibarengi dengan pemahaman dari tata nilai yang ada. sehingga pemakaian kondom tidak salah kaprah.

No comments: